Posted by: pungipung | August 14, 2011

Benarkah Nabi Muhammad Keturunan Jawa

Ada yang menarik perhatian saya saat melihat timeline sore kemarin. Salah satu lini masa dari akun @SufiKota milik seorang penulis Chandra Malik memaparkan pandangan Cak Nun tentang garis keturunan Nabi Muhammad. Untuk lengkapnya saya sadur tulisan itu:

Muhammad SAW layak diduga sebagai seorang Arab-Jawa. Bukan Arab tulen. Muhammad SAW menolak digambar wajahnya demi menghindari kontroversi pada masa setelah ia wafat. Kontroversi itu terutama mengenai ciri fisik Muhammad SAW yg layak diduga tidak persis Arab tulen.

Cara berjalan Muhammad SAW tidak menunjukkan ciri gesture Arab tulen yg mendongak kepala dan jumawa. Cara berjalan Muhammad SAW ialah melangkah santun dan “seperti menuruni ketinggian bukit”. Tawadlu. Cara berjalan Muhammad SAW adalah berat badan atas condong ke depan/membungkuk, dan kaki kuat berkuda2.

Tuturkata Muhammad SAW lemah-lembut. Mana ada orang Arab [tulen] yg begitu, terutama pada masa itu? Tuturkata lemah-lembut ini khas Jawa, berbeda jauh dari style Arab yg suka bicara kasar dan meledak2. Gesture dan tuturkata Muhammad SAW ini menjadi magnet shg kehadirannya menyedot perhatian Arab2 tulen.

Muhammad SAW suka bertapa [khalwat]. Bangsa Arab tulen tak punya tradisi ini. Bertapa itu khas Jawa. Ibunda Muhammad SAW bernama Siti Aminah. Belum ada studi dan penelitian memadai mengenai Sang Ibu.

Mn Kamba mengkonfirmasi bahwa tidak ada nama Siti di masyarakat Arab tulen. Siti bukan Bahasa Arab. Muhammad SAW berasal dari garis silsilah Ibrahim AS dari Siti Hajar. Hajar juga bukan Bahasa Arab. Siti Hajar layak diduga bukan araab tulen, melainkan imigran. “Kalau bukan dari Klaten, ya dari Solo.” Siti Hajar didatangkan untuk diperistri dan penghibur atas hati Ibrahim yg gundah. Bukan Arab tulen. Siti dan Hajar adalah Bahasa Jawa. Siti = tanah = bumi. Hajar = ajar = mengajar. Tulen Jawa.

Muhammad SAW tidak dididik dg Al-Qur’an dan Hadits. Dia hanif hingga 40 th. Tidak shalat hingga 53th. Tidak ada satu pun Nabi dan Rasul di muka bumi ini yg dididik dg Al Qur’an dan Hadits.

Al Qur’an adl konfirmasi terakhir setelah membaca ayat qauniyah: alam semesta dan dirimu sendiri. Muhammad pernah berkata,”Ana ‘Arab bila ‘Ain. Aku Arab tanpa ‘Ain.” Bukan Arab tulen, tapi Gusti dari Jawa 🙂

Hmmm bagaiamana menurut anda???


Responses

  1. Tambahan dari pandangan Cak Nun : Siti Hajar pernah kebingungan mencari air sehingga beliau bolak balik dari bukit shofa ke marwa karena melihat fatamorgana yang dikira air.
    Mana ada orang arab yang ndak tau fatamorgana? ———-> Siti Hajar bukan orang arab 😀

    • Tambahan lagi:
      Siti Hajar kebingungan dan bolak-balik. Pasti beliau bukan orang asli sana. Masa’ sampe kebingungan cari sumber air di daerahnya sendiri? —> Siti Hajar bukan orang arab. Beliau pendatang.

    • Tambahan lagi (Cak Nun):
      Menurut bahasa, Hajar dlm bhs arab itu artinya “batu”. Mana ada wanita dinamai batu (apalagi jaman itu). Jadi lebih pas jika hajar itu menggunakan bahasa jawa yg artinya “ajar”.
      —> Siti Hajar bukan orang arab. Beliau pendatang. hehehe

    • tambahan lagi :D. siti adalah bahasa jawa, bukan bahasa arab 😀

    • Aku setuju dengan “nunos de tantos”.
      Padahal aku bukan orang Jawa.

      AKU ADALAH SEORANG KAPITEN. Heheh…..!

    • gOBLOG wAHABI….

    • aNDA aDALAH oRANG2 tolol bin goblog syok TAU..bid’aah…C,,uman Bisa Membedakan Nama Jawa,,,,, Baru ,Ngak Tau Sejarahnya ,SYOKTAU..

  2. aku dherek mawon.

  3. lek-lek, ilmu gothak-gathok. Tp ora mathok blas. Aku iki yo wong jowo, tp ya gitu-gitu amat. Ibu Nabi itu Aminah. Panggilan terhormatnya Sayyidah Aminah, dijawakno dadi Siti Aminah. “Siti” memang dari jawa, bukan Arab, dan g pernah dipake di Arab. Demikian juga istri Ibrahim, Hajar, atau Sayyidah Hajar. Sayyidah (asli arab, sebelum dijawakan) = ‘nyonya’, tuan, dsb….

    • mudah2an info d atas cuma ilmu COCOKOLOGI bukan ilmu KELIRUMOLOGI. Konon, manusia dunia pertama jg dari Sunda, yg disebut ADAM yg asal ktnya dr ADANG!!!. Nabi Sulaiman dr Jawa krn ada SU nya. Nabi Luth dr Betawi krn ada Lu nya, dll.

  4. hwaaaahaaaa,,,ada yang dari batak gak ya??? ato papua???

  5. emang klo arab napa? dan klo jawa napa? emangnya arab selalu jelek dan jawa selalu baik? kenapa kebenaran selalu dikaitkan dengan garis keturunan? inilah yang membuat manusia saling menghancurkan dan membenci satu sama lain. Kebenaran adalah kebenaran dari mana pun itu asalnya

    • Saya tidak merasa apa yg beliau sampaikan ini adlh utk memantik permusuhan atau kebencian antar umat.
      Tentu pernyataan2 beliau tidak untuk memvonis Nabi adalah keturunan Jawa. Saya juga tidak yakin itu benar. Ini semata menurut saya hanyalah humor sufi. Maksudnya mengajak kita untuk berpikir melalui kisah atau logika-logika yang humoristis.
      Orang yang mau berpikir akan langsung mengkaji kebenaran di balik pernyataan-pernyataan yang ia terima. Baru setelah itu kita bisa mengambil kesimpulan apa sebenarnya maksud yang ada dalam pernyataan-pernyataan yang disampaikan kepadanya.
      Sedangkan orang yang tak mau berpikir akan main langsung vonis salah atau sesat tanpa berpikir apa maksud dari pernyataan yang ia dengarkan. Jadi mari cermati saja, apa sebenarnya yang ingin disampaikan beliau melalui cerita ini.

  6. LINTUNIPUN SURAH SURAH AL QUR’AN INGGIH KASEBAT UGI QUR’AN SURAT AL JAWI LSP LSP

  7. ada yang dari jatim gak ya

  8. Pada Jaman Nabi Ibrahim, Pulau Jawa Masih Belum Berpenghuni, dan Belum Muncul,. Karena Pulau jawa adalah Pulau Baru,
    dan Nenek Moyang orang jawa ada 2, Thailand sama India.

    • Itu sejarah menurut catatan kolonial Belanda bukan ya?…

    • Tanpa sadar Nusantara dikerdilkan… “hanya bangsa keturunan…”

    • Waaawww belum tentu salah dari tailand & India,
      tapi juga BELUM TENTU BENAR.
      Karena lebih bersifat ‘SEMATABEJA’
      alias literatur mainded yg hrs dikoreksi.

    • Heheh…., lucu….!
      Yang lebih lucu lagi Pulau Jawa dibuat oleh Iyadh Nur Ibnu dengan bahan dasar dari BUAH KORMA.

      Ada-ada saja…?

    • Baginda RasuluLLah. Dari keturunan yang lurus. . . tidak menyembah berhala, lembu, pohon, hantu. Beliau keturunan Nabi IbrahimA.S . yaitu bani Hasyim

      Bukan bani parno atau sutejo atau joko…

      Kita indonesia keturunan cucu cicit Sam Dan Yafez. . .
      Betul kata iyadh nur ibnu. . . dari india atau thailand. Mungkin karena dia orang melayu.”sumatra dan kalimantan”

      Nah kalian sendiri gak tau silsilah sendiri..

      Dari segi keilmuan RasuluLLAH bukan Orang JAWA.

      Masalah kenapa RasuluLLAH wajahnya tidak digambarkan. Dikhawtirkan akan seperti Nabi Isa A.S.

  9. wkwkwkwkk
    mang ny jaman dlu dh ada pesawat?
    gmn brgkt ny dr indonesia ke arab?
    jalan…. y

    • Waaawww ada om putra.
      Jangankan pesawat odong-odong aja udah ada. Heheh….

  10. Berarti jaman dlu sudah ada TKW yach…
    Sungguh tragis trnyata qt memang keturunan TKW…

  11. alang kah baiknya,andak mengkaji kisah wali ke5,andak akan mengetahuinya.
    Syeh syarifudin bukan orang jawa,beliau adalah orang bampalola alor ntt,beliau dilahirkan pd tahun 1425 masehi.

  12. SEJARAH WALI WALI INDONESIA.

    sebenarnya perkataan adang ini bukan dari sunda ya,perkataan adang adalah bahasa bampalola dan juga 9 lagi perkampungan di alor yg menggunakan bahasa adang ini,jadi jumlah kesemuanya adalah 10 kampung yg menggunakan bahasa adang ini di alor ntt.
    Sultan raja tanah adalah berasal dari bampalola alor ntt,beliau adalah manusia pertama dunia yg kini di sebut di dalam alquran sebagai nabi adam a.s.beliau tidak di lahirkan,beliau hanyak timbul/keluar dari dalam tanah,tempat beliau keluar adalah tula gadong bampalola alor ntt. Rumah adat pertama dunia adalah rumah adat bampalola yg bernama fetlakatuli. Tiang rumah adat ini yg pertama timbul/keluar dari dalam tanah sedia dgn ukirannya.
    Wali ke2 ke3 dan kelima bukan orang jawa,tetapi mereka adalah orang bampalola alor ntt.kuburan wali ke lima indonesia terdapat di dalam mesjid al ansar hulnani alor ntt.
    Nabi dan rasul sebenarnya berasal dari alor ntt.

  13. Saya setuju kalau Para Nabi berasal dari Jawa maupun dari Alor.
    Tapi kalau Para Nabi berasal dari Arab, PREEEEEEEEEET AH…!
    REKAYASA YANG NYATA….!

    • Tuh rekayasa Arabisme dan para ‘habib’ yang tadinya kacung Belanda, datang ke Nusantara jadi orang mulia. Sekarang menular semua orang ingin jadi habib, biar tarif ceramah jadi meningkat.
      Orang jadi merasa bangga punya turunan Arab.
      Padahal Arab aslinya adalah YAHUDI.
      Jadi kalau turunan Arab sama saja dengan TURUNAN YAHUDI.

      Kaga ah……! Daripada jadi turunan Arab yang sampai kini masih jahiliyah, mening juga jadi turunan Alor atau turunan Jawa.

      Aman……!

  14. jawa arab sama2 penjajah wueekkk…:P

    • matamu..

  15. nabi Muhammad SAW prnah brcrita bhwa didunia ini,kalo ada 2 suku yg paling besar yaitu suku jawiyah(jawa) dan yahudi,jd kmngkinan bsar nabi Muhammad tu bkan arab tulen tetapi ktrunan jawa…

    • yah jelas salah kalau yahudi adalah suku ….
      end masih banyak suku bangsa selain yahudi yang lebih besar tanya paman google dehhh

  16. kalau bukti jejak yang ada di jawa apa ya?……..

  17. Yang Nulis Blog ini adalah orang yang tidak punya Iman Islam .
    KALO MAU TAU ORANG PALING IDEOT bin GOBLOG SE ALAM SEMESTA ADALAH SI PENULIS BLOG INI.

    • laskar cheng,,,,, itu lah kenapa sumber ajaran sesat di indonesia berasal dari jawa…. lah wong mikirnya pake dengkul…. kami orang minang di padang yang 100 % islam tidak ada mengklaim macam tu, orang yg pemilik artikel di atas pasti ga waras ge….. pa lagi kerjaannya cuma menghubung- hubungkan dg argument yang lemah ha hahahahahaaa dasar

  18. OBROLAN YANG SAMA SEKALI TIDAK MENGHASILKAN MANFAAT, MALAH MENDATANGKAN FITNAH KARENA MENDUGA DUGA

  19. yg bikin cerita di atas koplak!! tai lu!!

  20. Ngganggu aja lu,
    lagi elus2 itil nie.

  21. india dan arab: sorban.
    jawa: blankon.

    india: selendang.
    jawa: jarik.

  22. Blog Goblog BIN big gOBLOG…,,bINtI TOLOL..

  23. Pemikiran Sesat n Bid’aah Alias Di Ada Adakan…Terlalu Cerdas…Samapai Kelewatan Goblognya….

  24. Berarti Anda Orang Jawa Adalah Keturunan Nabi Yh Ceritanya Nie….
    HAHhahHhhaH……..kETAWA Perut Gue…

    • Nabi/Rasul tidak harus dari Arab, dan hanya Allah SWT yg menentukan.

  25. HAhhahAH Ine Adalah Blog Pailing konyol Yg pERNAH sAYA tEMUI SELAMA INI…

  26. BLOG NGK BERMANFAAT HANYA MEMBUAT FITNAH HANYA KARENA SEORANG DENGAN PEMIKIRANNYA YG BODOH …..Dasar Manusia Penduga2….

  27. Nabi/Rasul tidak harus dari Arab, dan hanya Allah SWT yg menentukan.

    • Resapi Mocopat Syafaat ala Cak NUN, di Facebook.. “Anda bertanya Kyai Jarkoni asal jawab”

  28. waduhhhh….kok malah pada esmosi ini gimana too…kalian itu yang pada emosi yang “GOBLOG”……
    Artikel ini sebuah ilmu, benar atau tidaknya kita tidak boleh hanya mengklaimnya saja tanpa ada bukti….bagi kalian yang tidak terima dengan artikel ini, ya ga jadi masalah…bagi yang terima juga sama saja…So…ngapain kita berdebat dengan membawa nafsu syaitan (marah)…klo gitu sama saja orang yang ga punya otak…

    Islam itu indah, dan banyak ilmu…di dalamnya…
    Orang yang bikin artikelnya juga FINE-FINE aja kok…

  29. wallahu alam . . . .


Leave a comment

Categories